Sssstt.. Yuk Belajar STP bareng Queen Farata Bogor


Strategi STP




Strategi STP pada dasarnya digunakan untuk memposisikan suatu merek dalam benak konsumen sedemikian rupa sehingga merek tersebut memiliki keunggulan kompetitif yang berkesinambungan. Dalam kasus ini, penulis mencoba mengaplikasikannya kepada pihak lain yang memiliki pengaruh bagi keberlangsungan perusahaan sesuai pengelompokan Five Force Model oleh Michael E. Porter, yaitu sisi supplier (petani) pabrik gula untuk memasukkan citra positif pada benak masyarakat petani Madura tentang bertanam tebu. Ada tiga elemen dalam strategi pemasaran yaitu segmenting, targeting dan positioning:


Segmenting: Adalah upaya memetakan pasar (sasaran program) dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.
Queen Farata Bogor pun memiliki Segmenting yakni Para Pekerja/Karyawan dan Pelajar, Queen Farata mampu memasuki beberapa kalangan mulai dari remaja hingga orang dewasa.


Targeting: Setelah memetakan pasar (sasaran program), tahap targeting seperti namanya adalah membidik kelompok konsumen mana ya
Nah, disini Queen Farata lebih memfokuskan lagi targetnya yakni para Karyawan yang bekerja sekitar Ruko VIP, dan Pelajar sekitar, selain itu juga masyarakat yang mampir untuk santap siang di sekitaran Ruko VIP Bogor.


Positioning: Apabila target pasar (sasaran program) sudah jelas, positioning adalah bagaimana kita menjelaskan posisi produk kepada konsumen. Apa beda produk kita dibandingkan kompetitor dan apa saja keunggulannya. Menurut Don E.Schwitz, positioning adalah bagaimana untuk meningkatkan sekaligus menempatkan produk yang kita buat terhadap pesaing kita dalam pikiran konsumen, dengan kata lain positioning dipakai untuk mengisi dan memenuhi keinginan konsumen dalam kategori tertentu.
Disini Queen Farata hadir sebagai Prata pertama di Indoenesia, Queen Faratapun berusaha untuk menjadi leader yang baik dengan berbagai macam inovasi berkualitas.

Posting Komentar

0 Komentar

Ads Inside Post